BannerPengumuman

Tinjau Irigasi Presisi di KPT Parbuluan, Bupati Dairi: Saatnya Beralih ke Digitalisasi Pertanian

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang meninjau pengerjaan irigasi presisi yang berada di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Dalam peninjauan irigasi presisi, Bupati Dairi Eddy Berutu mendapatkan penjelasan dari Wawan Hermawan, tim teknis dari Netafim yang menjadi perancang irigasi presisi.

Bupati Dairi mengatakan sistem irigasi presisi akan memperlakukan tanaman dengan sebaik-baiknya karena irigasi ini memberikan kebutuhan bagi tanaman sesuai dengan peruntukannya yang dilakukan secara digital.

Eddy Berutu mengatakan hal ini tentunya sangat berbeda dengan pertanian yang masih bersifat tradisional, di mana kebutuhan untuk tanaman belum sesuai.

“Hadirnya irigasi ini untuk memangkas biaya produksi petani serta mengurangi jumlah tenaga kerja karena prosesnya dilakukan secara digital. Ini juga diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah produksi petani saat panen nantinya. Irigasi presisi ini akan di-uji coba untuk 4 komoditi, yakni kentang, bawang merah, cabai merah, dan kubis,” kata Bupati Dairi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian mengatakan irigasi presisi merupakan teknologi pertanian dengan menggunakan digitalisasi di mana kebutuhan tanaman baik air, pupuk dan pestisida secara tepat digunakan serta diaplikasikan secara digital.

Hal tersebut membuat petani tidak lagi membutuhkan tenaga kerja yang banyak serta produktivitas dari hasil pertanian bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat.

“Irigasi yang menjadi percontohan ini seluas 1 hektar dengan 4 komoditi, yakni kentang, bawang merah, cabai merah, dan kubis. Ini akan menjadi irigasi yang pertama dikelola oleh Pemkab Dairi dengan melibatkan kelompok tani di wilayah Sumatera Utara,” ujar Robot.

Diharapkan dengan hadirnya irigasi tersebut, Kawasan Pertanian Terpadu Desa Parbuluan V akan menjadi kawasan pertanian yang terintegrasi dengan sistem integrated farming estate.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button