Berita
Trending

Pemkab Dairi Kembali Tampilkan Legenda Sitagandera Pada PRSU ke – 49

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke – 49 kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Event tahunan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya malam pagelaran seni budaya Pakpak dari Kabupaten Dairi, Rabu 13 Juli 2023 di Open Stage PRSU Medan.

Dalam pagelaran seni budaya, Pemerintah Kabupaten Dairi menampilkan pertunjukan legenda sitagandera. Legenda Sitagandera ini juga di dedikasikan kepada almarhum Agung Prabowo salah satu seniman terbaik Dairi yang juga merupakan koreografer Sitagandera.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan PRSU agar dijadikan sebagai momen untuk bangkit serta memberdayakan ekonomi, kapasitas sumber daya manusia, adat dan budaya yang di transformasikan sehingga wisatawan banyak berkunjung ke Dairi.

Kepada masyarakat Dairi yang hadir dalam pertunjukan tersebut, Eddy Berutu menyampaikan beberapa capaian prestasi yang dilakukan oleh Pemkab Dairi. Capaian tersebut diantaranya indeks pembangunan manusia (IPM) di tahun 2022 tumbuh sangat signifikan, begitu juga dengangguran terbuka serta angka kemiskinan yang juga turun signifikan.

“Pemerintah bersama Forkopimda tentunya tidak mampu bekerja tanpa dukungan masyarakat atas capaian yang kita raih tersebut,” ucap Bupati Eddy yang hadir bersama Wakil Bupati Dairi Jimmy Sihombing.

Eddy Berutu menambahkan Pertanian Dairi juga tumbuh dengan baik. Kawasan pertanian terpadu yang berada di Desa Parbuluan telah diresmikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dimana hasilnya yakni cabai sudah di kirim ke Kota Medan. Hal itu sebagai bentuk kerjasama antara Pemkab Dairi dengan Pemko Medan dalam menjaga stabilitas bahan pangan.

“PRSU ini sangat penting untuk menunjukkan kemampuan kita. Pemerintah berusaha bekerja dengan semaksimal mungkin agar pembangunan dapat berjalan dengan baik. Kita bangga Dairi secara perlahan menunjukkan kualitasnya,” ucap Eddy Berutu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Rahmat Syah Munthe mengatakan malam pagelaran seni budaya ini adalah rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan PRSU ke 49. “Kegiatan ini untuk lestarikan kebudayaan serta untuk mengobati kerinduan akan budaya khususnya kepada masyarakat Pakpak. Akan ada kolaborasi budaya untuk kemajuan seni dan budaya Pakpak. Semoga kebersamaan ini terus kita tingkatkan demi kemajuan Dairi,” ucapnya.

Dalam malam pagelaran tersebut, ditampilkan juga hiburan dari Pakpakkustik Band dan Sihapor Band. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Kajari Dairi Okto Rikardo, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dairi Sri Endarti Budianta Pinem, Pimpinan OPD, serta Camat dan Kepala Desa.(MRT)

Related Articles

Back to top button